Magnuzz Sosis

Minggu, 13 September 2015

Bangun tidur kuterus….

‘Mandi’, ya pasti itulah yang diisi oleh sebagian besar pembaca ketika membaca judul di atas. Lagu karya Pak Kasur ini sudah begitu melekat di benak kita. Tetapi karena buku ini tentang produktivitas diri maka tentunya bukan itu yang dimaksud. Kita bisa mengisinya dengan ‘senang’ karena banyaknya hal menarik dan menantang yang akan dilakukan, bisa juga mengisinya dengan ‘stres’, atau ‘takut’ karena membayangkan macetnya jalanan dan dead line, ‘malas’ karena membayangkan beratnya beban hari ini……………
Ada orang yang memasang moda survival di harinya. Kriteria sukses dia adalah kalau bisa melewati hari dengan selamat. Artinya, tidak sampai ada orang yang marah-marah padanya.
Ada juga orang yang memasang moda senang dan nyaman. Orang dengan tipe ini akan selalu terdorong ke aktivitas yang paling menyenangkan dan nyaman buat dia. Kalau dia jadi karyawan, maka sesering mungkin bisa bermain games dan sesedikit mungkin kerja, adalah merupakan indikator kesuksesan.
Ada juga orang yang memasang moda ‘menenangkan diri’, karena harinya biasanya didera antara satu kekhawatiran dengan kekhawatiran lain, maka bisa menemukan aktivitas yang mengalihkan perhatian dia (seberapa ‘remeh’-pun aktivitas tersebut) maka berarti ia telah sukses menenangkan dirinya.
Bisakah Anda bayangkan apa output yang didapat, dari segi produktivitas, oleh orang-orang dengan moda di atas. Dan seberapa besar ia kemudian jatuh pada ketersudutan. Ketika kinerjanya makin lama makin rendah, akhirnya lebih banyak orang yang kecewa dan marah padanya. Ketika ia makin lama makin tidak memenuhi kompetensi kerjanya, karena hanya melakukan hal yang menyenangkan saja. Ketika ia makin lama makin sulit mencari cara untuk menenangkan diri. Ia akan tersudut antara tetap harus bekerja, dengan kekecewaan lingkungan terhadap kinerjanya, dan keinginan organisasi untuk mengeluarkannya!
Seorang petarung tahu bahwa untuk bisa memenangkan pertandingan maka memperkuat otot dan melatih ketrampilan bertarungnya adalah pilihan yang lebih masuk akal daripada menghindari pertandingan. Tidak sampai memar dan bengap karena tidak bertanding, bukanlah sebuah kemenangan!
Lalu, orang yang produktif memasang moda apa? Tentunya, memasang moda produktif. Selalu mencari cara untuk mengoptimalkan harinya, dengan tidak meninggalkan kesempatan untuk membuat hari yang nyaman. Pandai meramu hari antara kepentingan jangka pendek dan panjang. Antara menyelesaikan tugas dan membenahi sistem. Antara mengontrol dengan memberdayakan. Antara men-stretch diri dengan menyenangkan diri. Tidak ada porsi yang sempurna, tentunya. Tetapi semakin Anda mempunyai kebebasan dalam meramu hari dan menemukan cara untuk selalu bisa mencapai tahap ‘enjoyable productivity’ maka Anda sudah berada di zona tersebut, tinggal mem-fine tuning sesuai keinginan Anda.
Bangun tidur kuterus…..exited, senang, optimis, adalah hal-hal yang lebih sering ditemui pada orang yang produktif di pagi harinya. Dan tentunya, puji kepada Pencipta yang telah memberikan satu hari lagi kehidupan, sebuah kesempatan untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan tuntunanNya. Semoga Anda dan saya sukses memulai hari dengan positif.

Tidak ada komentar: